Perbedaan Program Solusi Arminareka Perdana dan MLM

PERBEDAAN ANTARA PROGRAM SOLUSI ARMINAREKA PERDANA DENGAN MLM (MULTI LEVE

Bagi calon jamaah yang hendak menunaikan ibadah Umrah atau Haji Plus bersama Arminareka Perdana, ada tiga cara pelunasannya :

  • Bayar tunai (bagi yang mampu),
  • Menabung Rp 500.ooo / bulan, atau
  • Mengajak calon jamaah Umrah / Haji Plus yang lain (Program Solusi Arminareka Perdana bagi calon jamaah yang terkendala biaya).

Berikut Penjelasan Perbedaan Program Solusi Arminareka Perdana Dengan MLM

PRODUK

  • Produk MLM biasanya spesial atau unik atau tidak di produksi oleh perusahaan lain, sehingga untuk mendapatkan produk tersebut harus melalui perusahaan tidak bisa ke lain.
  • Arminareka Perdana produknya adalah perjalanan umroh dan haji plus yang tidak khusus Arminareka Perdana saja yang menyelenggarakan, perusahaan lain juga banyak yang menyelenggarakannya.

HARGA

  • Harga biasanya terbagi 2 yaitu ada harga konsumen dan harga distributor ketika menjadi anggota
  • Arminareka Perdana Harga Cuma SATU yang berlaku sama antara jamaah yg langsung berangkat tanpa menjalankan hak bisnisnya dengan jamaah yang sejak awal memang berniat menjalankan program solusi

TUTUP POINT

  • Ada tutup point yaitu kewajiban membeli produk perbulan, kalau tidak mencapai tutup point bonus dibulan yang bersangkutan tidak akan keluar.
  • Arminareka Perdana tidak ada tutup point, karena sistem komisi, ketika kita mereferensikan jamaah maka LANGSUNG dapat komisi pada minggu yang bersangkutan.
  • Dengan sistem jaringan, bisa juga berharap komisi dari jaringan di bawahnya (karena Arminareka Perdana merancang suatu sistem dimana kita sebagai muslim diharapkan bisa membantu sesama agar lebih mudah ke tanah suci).

KEPANGKATAN/LEVEL

  • MLM biasanya ada level kepangkatan berdasarkan syarat-syarat tertentu, misal, agen-distributor-manajer-direktur, dst.
  • Di Arminareka Perdana tidak ada, perbedaannya hanya ada yang jadi JAMAAH BIASA dan ada yang jadi AGEN/PERWAKILAN yang membantu pemberangkatan jamaah.

JANGKA WAKTU

  • MLM biasanya produknya ada masa kadarluarsanya
  • Arminareka Perdana produknya umroh dan haji yang tanpa batas waktu.

KEBUTUHAN

  • MLM biasanya produk konsumsi
  • Arminareka Perdana memfasilitasi calon jamaah untuk beribadah umroh/haji. Berkaitan dengan dunia akhirat.

Program Solusi Arminareka Perdana, bila diumpamakan seperti ketika ada kerabat yang hendak jual rumah, dan minta tolong pada kita untuk mencarikan pembeli serius, maka jika kita berhasil menjual rumahnya, maka akan dapat komisi sesuai kesepakatan, misalkan komisi yang berlaku umum di pasaran adalah sebesar 2.5% dari harga jual rumah.

Begitu juga dengan Program Solusi Arminareka Perdana, bagi yang berhasil mengajak calon jamaah untuk umroh atau haji plus bersama Arminareka Perdana, sebagai wujud terima kasih perusahaan kepada kita, memberikan komisi atau bagi hasil pada kita sesuai dengan kesepakatan. Kalau di perusahaan lain bisa disebutkan sebagai program member get member, misal: program Agen 1.000 Sunlight.

Lantas dari mana untungnya perusahaan jika komisi banyak dikeluarkan untuk calon jamaah? Perusahaan masih mendapatkan untung dari :

  • Margin tiket maskapai penerbangan: semakin banyak pesan tiket, perusahaan akan mendapatkan diskon dari maskapai dengan selisih harga yang cukup banyak. Arminareka Perdana kemudian menjual ke jamaah dengan harga normal di pasaran.
  • Margin Hotel: semakin banyak yang booking hotel, Arminareka Perdana juga akan mendapatkan diskon dari pihak manajemen hotel di tanah suci dengan selisih harga yang cukup banyak. Arminareka Perdana kemudian menjual ke jamaah dengan harga normal di pasaran.
  • Arminareka Perdana juga mendapatkan bonus dari pihak asuransi, supplier koper dan perlengkapan umroh dan haji plus, biaya admin, dan lain lain

Tahun 2012, Alhamdulillah Arminareka Perdana memberangkatkan 25.000 jamaah umroh dan 657 jamaah haji plus seluruh Indonesia dimana liputan umroh dan hajiplusnya disiarkan oleh Trans 7. Nah, coba kita gambarkan secara matematis salah satu contoh keuntungan perusahaan dari margin tiket pesawat. Umumnya komisi tiket berlaku pasaran dari distributor ke agen adalah 5% (bisa dicek di Bisnis tiket PT MMBC)

Tahun 2012 Arminareka Perdana berhasil menjual 25.000 tiket PP Jakarta – Jeddah untuk jamaah umrohnya, dengan rata rata nilai per tiketnya USD $ 1.000 (baik Garuda, Lion, Batavia). Jadi komisi perusahaannya adalah USD 1.000 x 5% = USD $ 50. Kalau 25.000 tiket umroh berarti perusahaan untung dari tiket saja sekitar = USD $ 50 x 25.000 = USD $ 1.250.000. Bila di kurskan $1 = Rp 10.000, berarti Laba perusahaan sebelum pajak adalah Rp 12,5 Milyar. Lihat tabel di bawah ini.

Keutungan Perusahaan dari Margin Tiket Umroh JKT – JED

Tiket Umroh PP JKT – JED (Garuda/Lion/Batavia)

$ 1,000

Penjualan Tiket

25,000

OMSET TIKET =  $ 1.000 X 25.000 jamaah

$ 25,000,000

Komisi tiket 5%

$ 1,250,000

Konversi ke Rupiah, Asumsi $1 = Rp 10.000

Rp 12,500,000,000

Sebuah keuntungan yang fantastis hanya dari margin tiket saja. Itu berkat peran aktif agen, perwakilan dan calon jamaah yang mereferensikan jamaah lain untuk gabung bersama Arminareka Perdana. Belum lagi dari sumber yang lain.

Bagi hasil yang diberikan jamaah juga berasal dari dana iklan tahunan Arminareka Perdana. Daripada promosi ke majalah, televisi atau membayar artis, lebih baik bonusnya dibagikan untuk calon jamaah atau alumni jamaah yang berjasa memperkenalkan biro travel umrah dan haji plus Arminreka Perdana kepada banyak orang.

Sebelumnya pemasaran Arminareka Perdana maupun biro travel umroh dan haji lain, lebih fokus menggunakan jasa ustad dan kyai di salah satu KBIH, Yayasan atau Masjid, Jadi jika berhasil mengajak jamaah, ustad dan kyai tersebut akan mendapatkan jatah umroh/haji plus atau bagi hasil diberikan berupa uang tunai. Sehingga banyak ustad dan kyai yang bisa bolak balik ke tanah suci dan banyak yang sejahtera secara materiil.

Sekarang Arminareka Perdana dengan visi dan misi agar lebih banyak masyarakat Indonesia bisa mampu ke Tanah Suci dan bahkan bisa GRATIS dan bisa mensejakterakan kehidupan keluarganya, Arminareka Perdana merubah strategi pemasarannya dengan memperkenalkan Program Solusi Hak Usaha yang terbuka untuk siapapun mulai dari karyawan, guru, pensiunan bahkan pengangguran yang berkeinginan kuat untuk merubah hidupnya.

Apakah Program Solusi Hak Usaha ini Halal secara Agama? Di dalam suatu unsur halal haramnya suatu muamallah, ada tiga hal yang penting dalam fiqih.

  • Pertama, tak boleh ada ghoror (unsur penipuan).
  • Kedua tak boleh ada unsur judi.
  • Ketiga tak boleh ada unsur riba (bunga).
  • Bila salah satu dari tiga ini sudah ada di muamallah berarti HARAM. Kalau ketiga-ketiganya tidak ada, berarti tidak apa-apa. Itu salah satu sebabnya Arminareka Perdana pernah mendapatkan sertifikasi bisnis syariah dari MUI.

Program Solusi ini sudah berjalan mulai 2008, bila memang terbukti merugikan dan banyak jamaah tidak berangkat, pastinya Kementrian Agama RI sudah mencabut ijin usaha Arminareka Perdana yang sudah berjalan sejak 1990 dan MUI tidak mungkin mau mengeluarkan sertifikat bisnis halalnya.

Selain itu, tidak seperti travel haji umrah lainnya, Arminareka Perdana memberikan bukti legalitasnya pada seluruh agen / perwakilan / jamaahnya. Dengan demikian bisa dibuktikan dengan melakukan cross check bahwa Arminareka Perdana adalah Biro Haji Plus dan Umrah Resmi yang terdaftar Di Kementrian Agama dan instansi lain yang terkait dengan usaha Tour Travel.

Jika ada yang mempertanyakan, Umrah Haji berkaitan dengan urusan akhirat & agama, kenapa dibisniskan? Hal ini sama saja dengan para mahasiswa yang sekolah AGAMA di Kairo, mereka tetap dikenakan biaya SPP dll. Jadi biaya tersebut memang tetap diperlukan karena menyangkut muamalat (Muamalat itu adalah semua hukum syariat yang bersangkutan dengan urusan dunia,dengan memandang aktivitas hidup seseorang seperti jual-beli, tukar-menukar, pinjam-meminjam dan sebagainya.

Muamalat juga merupakan tatacara atau peraturan dalam perhubungan manusia sesama manusia untuk memenuhi keperluan masing-masing yang berlandaskan syariat Allah SWT yang melibatkan bidang ekonomi dan sosial Islam). Dimana uang menjadi media agar tujuan dari aktivitas kita baik yang hanya berkaitan dengan dunia maupun terkait dengan akherat bisa tercapai.

Jika ada yang tanya kenapa Dp Umroh Rp 3, 5 juta mendapat voucher umroh $ 350, berarti $ 1 setara Rp 10.000. Padahal nilai tukar dollar di pasaran lebih rendah dari itu (sekarang Rp 9.800), seharusnya uang mukanya Rp 3.430.000. Ada selisih sekitar Rp 70.000. Kita bisa jawab bahwa selain voucher umroh $ 350, kita juga mendapatkan:

  • ID Card Jamaah
  • Kartu Asuransi Jiwa Mega Syariah senilai Rp 100.000 selama 1 tahun dengan manfaat jiwa hingga Rp 50.000.000
  • Souvenir Baju Koko atau Mukena senilai Rp.70.000
  • dan Legalitas usaha lengkap (didalamnya tidak hanya perijinan Arminareka Perdana saja tapi juga brosur, marketing plan, formulir pendaftaran jamaah dan lain lain) senilai Rp 50.000
  • Hak Usaha Bisnis Travel Haji Plus dan Umroh, dimana keanggotaan berlaku seumur hidup dan bisa diwariskan tanpa ada royalty fee dan annual fee.

Jadi Insya Allah benar-benar fair, tidak menipu dan tidak merugikan secara materiil, bahkan calon jamaah umroh dan haji plus mendapatkan lebih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s